BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 07 Januari 2010

KERETA SUPERCEPAT DI DUNIA

Mungkin sebagian dari kita hanya mengetahui bahwa kereta api tercepat terletak di negara Jepang dengan kereta api Shinkansen,,ternyata di beberapa negara juga terdapat kreta api yang supercepat,,mau tau apa saja,,,,

1. MAGLEV ( kereta cepat berteknologi magnetic)

Kereta api dengan teknologi Magnetically Levitated Trains (Maglev) atau kereta api yang melaju di lintasan rel magnet sehingga seakan terlihat mengambang di atas rel. Maglev mampu melaju dengan kecepatan 581 km/jam ( Guiness World Record,2003). Saat ini digunakan di Jepang, Jerman, Prancis, dan Amerika Serikat.

2. SHINKANSEN (JEPANG)

Merupakan kereta listrik cepat di Jepang yang di operasikan pertama kali pada 1964 dengan kecepatan 210 km/jam dengan jaringan lintasan rel sepanjang 2.459 km, menghubungkan kota-kota di pulau Honshu dan Kyushu. Pada tahun 2003 Shinkansen mencatat rekor dunia.

3. CRH (CHINA)

China Railway Highspeed adalah proyek kereta api berkecepatan tinggi yang merupakan modifikasi dari kereta shinkansen di Jepang. Kereta ini mampu melaju dengan kecepatan 350 km/ jam. Pada 2012 panjang jalur kereta cepat ini diprediksi mencapi 13.000 km yang berarti lebih panjang dari seluruh total jalur kereta api cepat di Dunia

4. THSR (TAIWAN)

Taiwan High Speed Rail merupakan modifikasi kereta shinkansen dari Jepang. Beroperasi sejak 2007, THSR mempunyai kecepatan sekitar 350 km/jam. THSR menghubungkan kota Taipe dengan Kaohsiung yang berjarak 335 km dengan waktu tempuh 90 menit.

5. KTX-1 (KOREA SELATAN)

Kereta cepat yang disebut Korean Train Express dibuat dengan teknologi TGV dari Prancis dengan kecepatan beroperasi 300 km/jam. Kereta ini melayani jalur Seoul-Busan yang dapat ditempuh dalam waktu 2 jam 40 menit dari sebelumnya 4 jam 10 menit dengan kereta biasa.

6. AVE (SPANYOL)

Alta Velocidad Espa yang berarti “kecepatan tinggi” mampu melaju dengan kecepatan hingga 300 km/ jam di jalur-jalur kereta khusus spanyol.

7. EUROSTAR (EROPA BARAT)

Jaringan kereta api berkecepatan tinggi di Eropa barat yang menghubungkan dari London dan Kent di Inggris Raya, Paris dan Lille di Prancis, serta Brussel di Belgia. Kereta menyebrangi Selat Inggris melalui terowongan Channel dengan kecepatan rata-rata 300 km/jam.

8. TGV (PRANCIS)

Train a Grande Vitessejangan diproduksi oleh pabrik kereta api Alstom. Pada 3 April 2007, TVG memegang rekor tercepat dengan 574,8 km/jam dan juga memegang rekor dunia sebagai kereta untuk layanan penumpang regular dengan kecepatan tertinggi.

SEDANG DALAM PEMBANGUNAN

HHR (ARAB SAUDI)

Pemerintah Arab Saudi sedang membangun jalur kereta api cepat yang dinamakan Haramain High Speed Railway (HHR) yang menghubungkan kota Mekkah dengan Madinah via Jeddah yang berjarak 445 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Untuk itu dibutuhkan kecepatan laju sekitar 320 km/jam. Proyek diperkirakan selesai pada 2012 dibawah konsorsium perusahaan Arab Saudi bekerja sama dengan perusahaan asal China.

0 komentar: