BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 18 Juni 2010

DIBURU KARENA KEISTIMEWAANNYA


Ikan hiu tergolong binatang langka, dengan habitat tidak lebih dari tujuh persen dari seluruh jenis ikan yang ada. Ikan hiu sebagian besar hidup di perairan laut dalamdan ada juga di perairan air tawar. Jenisnya ada beragam, mulai dari yang terbesar, yakni ikan hiu paus (whale Shark) yang panjang tubuhnya bisa mencapai 14 meter, hingga yang terkecil dengan ukuran panjang 15 sentimeter, yakni Squaliolus laticadus.

Hewan ini memiliki tujuh indra. Yang cukup istimerwa adalah penciun=mannya yang bisa mencapai jarak beberapa mil jauhnya. Indra lainnya adalah pendengaran, peraba, pengecap, penglihatan, rangsangan listrik, serta pit organ yang mampu menangkap geteran sangat lemah sekalipun.

Ikan hiu dikenal sebagai hewan yanh mampu berimigrasi sangat jauh, mengarungi samudra, bahkan hingga melintasi batas negara atau benua. Seekor ikan hiu biru atau blue shark , yang di beri tanda di Tasmania pada tahun 2000, tertangkap di perairan sebelah tenggara Afrika. Artinya, jenis hiu dengan nama latin Prionanci Glauca ini telah mengarungi samudera sejauh lebih kuranh 9.500 kilometer.

Kejadian serupa dialami pula oleh ikan hiu jenis Spiny dogfish atau Squalus acanthias . Ikan tersebut di beri tanda di salah satu negara bagian Amerika Serikat, namun muncul di perairan Jepang, tujuh tahun kemudian.

Perburuan terhadap ikan hiu di lakukan karena beberapa bagian hiu ini diyakini sangat bermanfaat bagi manusia. Selain sirip yang menjadi bagian tubuh yang paling diincar, bagian-bagian lainnya juga sering diambil untuk berbagai kebutuhan. Di antarannya, minyak hati dipakai oleh industry tekstil, pabrik pelumas, cat, kosmetik, dan produk farmasi untuk bahan pencelup.

Darah ikan hiu digunakan di bidang kedokteran sebagai anti koagulan untuk mempercepat pembekuan darah. Tulang rawan dan sri tulang rawannya digunakan untuk pengobatan penyakit tulang, kanker, serta obat luka bakar.

Sementara itu, kulit ikan hiu jerap diolah menjadi bahan makanan sertta sebagai bahan pembuatan pakaian renang. Giginya sering dijadikan perhiasan, sedangkan suku Maori menggunakannya sebagai senjata. Bahkan, kornea mata ikan hiu ada yang dipakai untuk transplantasi mata manusia.

0 komentar: