BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 09 Juni 2010

LINDUNGLAH ANA-ANAK & AJARKAN PENDIDIKAN SEX

TIPS HINDARI ANAK BERTINDAK MENYIMPANG


1. Ajarkan pendidikan seks sejak dini secara bertahap. Dimulai dari anak umur tiga tahun, dengan mengenalkan bagian tubuh mereka.

2. Jangan namakan daerah genital dengan sebutan bintang atau dengan kata kiasan yang lain, misalnya menamakan kemaluan lelaki dengan “burung”, sebut saja kemaluan atau daerah genital atau dengan menggunakan bahasa biologi.

3. Terapkan aturan orang tua dirumah maupun di luar rumah.

4. Ajarkan privasi dengan langsung dipraktikan pada anak, semisal mengganti baju dirungan tertutup.

5. Ajari anak secara visual bagaimana bersikap di tempat umum, dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak.

6. Khusus bagi anak perempuan, orang tua (ibu) mengajarkan anak menggunakan bra sejak remaja, selalu menjaga kebersihan tubuh, berteriak bila ada seseorang (bapak, om, kakek, dan orang yang tidak dikenal)yang memegang daerah yang sensitive.

Mari para orang tua untuk mengajarkan pendidikan sex sejak dini dengan bahasa yang sopan, mudah dimengerti oleh anak, mengajarkan pendidikan sex kepada anak, bukan berarti kita mengajarkan atau membolehkan “sex”. Apabila kita sebagai orang tua tidak bisa menjelaskan dengan baik atau tidak mengerti bagaimana cara menjelaskannya, maka kita bisa membaca buku tentang pendidikan seks dan membelikan buku untuk buah hati kita.

Komunikasi 2 arah sangat penting bagi orang tua dengan anaknya untuk mendiskusikan sesuatu yang anaknya tidak mengerti. Semua dikarenakan supaya anak-anak bisa menjaga diri mereka selagi tidak bersama orang tua, karena tidak mungkin orang tua selalu mendampingi anak-anak mereka selama 24jam.

jangan biarkan anak bertanya masalah pendidikan sex dengan orang yang salah, hilangkan pikiran tabu tentang seks saat mengajarkan pendidikan seks kepada anak.Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami oleh anak(sesuaikan dengan umur), ajarkan juga secara visual supaya anak lebih mengerti. Lindungilah anak-anak kita..

agwi & bebagai sumber

0 komentar: